banner image

Recent in Sports

banner image

Cara & Proses Pembelian Citra Satelit

Pekerjaan Pembuatan Unsur Peta Dasar Skala 1 :5.000 yang lazim digunakan untuk pembuatan peta RDTR dapat dilakukan jika ada citra satelit dengan resolusi tinggi dan dari tahun yang terbaru sehingga sesuai dengan kondisi Kabupaten Demak saat ini. Dalam pelaksanaannya diperlukan upaya untuk pembelian citra satelit QuickBird yang akan digunakan untuk pembuatan peta dasar Kabupaten Demak tersebut. Dalam proses pembelian citra satelit yang harus dilakukan yaitu dengan menyesuaikan dengan area atau wilayah yang akan di belikan citra satelitnya.
Proses pembelian citra satelit tidaklah terlalu sulit akan tetapi memerlukan waktu yang tidak sebentar karena untuk mendapatkan citra dari area yang diinginkan harus menunggu satelit yang akan menangkap gambar wilayah yang diinginkan tersebut dalam waktu yang berbeda-beda. Selain itu juga harus memperhitungkan kondisi cuaca pada wilayah yang ingin diambil gambar citranya. Jika kondisi cuaca buruk atau terdapat banyak awan maka dapat menghalangi satelit dalam mengambil gambar citra sehingga citra yang diinginkan tidak dapat digunakan. Oleh karena itu harus menunggu kondisi yang ideal dalam proses pengambilan gambar citra satelit ini sehingga citra dapat daiambil sesuai kebutuhan dan dapat digunakan dalam proses pembuatan peta dasar skala 1 :5.000 di Kabupaten Demak ini.

Secara umum prosedur pembelian citra satelit QuickBird kepada mapping consultant adalah sebagai berikut :





Penjelasan dari setiap tahapan dari flowchart ini adalah sebagai berikut :
1.     AOI (Area of Interest) dan Spesifikasi Teknis
AOI (Area of Interest) merupakan area yang harus kita tentukan sesuai dengan kebutuhan luasan citra yang akan kita pesan. AOI ditentukan berdasarkan titik-titik koordinat citra, yang pada akhirnya dibuat dalam bentuk polygon dengan format shapefile. AOI dapat dibuat oleh pihak client maupun mapping consultant. Jika dibuat oleh pihak mapping consultant, kita dapat menggunakan view dari Google Earth saat membuat AOI tersebut.
2.     Konfirmasi ke Digital Globe
Setelah AOI dari citra yang  akan dipesan selesai dibuat, selanjutnya pihak mapping consultant mengirimkan AOI tersebut ke Digital Globe di Amerika Serikat selaku penyedia jasa satelit Quickbird dan Worldview untuk terlebih dahulu mengetahui ketersediaan datanya. Pihak mapping consultant sebelumnya telah menentukan kriteria satelit yang harus dipenuhi, misalnya tahun pemotretan paling lama tahun 2014 dengan umur citra satelit di bawah 90 hari, serta cakupan awan tidak lebih dari 15%.
3.     Konfirmasi dari Digital Globe
Digital Globe kemudian merespon dengan mengirimkan Quicklook citra yang bersangkutan. Quicklook itu berisi tampilan visual dari citra yang tersedia, sehingga pihak client dapat membuat keputusan terkait deal yang harus dilakukan.

Quicklook Demak Kota
4.     Konfirmasi ke client
Quicklook yang diberikan oleh Digital Globe kepada mapping consultant selanjutnya diteruskan ke client untuk ditindaklanjuti. Jika pihak client menyetujui data yang ditawarkan, maka pihak mapping consultant dapat segera mengajukan pembelian citra kepada Digital Globe.
5.     Pemesanan citra         
Pemesanan citra diawali dengan penandatanganan kontrak yang tertera dalam Order Quotation. Scan dari order quotation yang telah ditandatangani oleh mapping consultant selanjutnya dikirimkan ke Digital Globe untuk ditindaklanjuti sebagai tahapan pembelian citra.

Selanjutnya, setelah citra sudah didapatkan maka proses selanjutnya yaitu koreksi geometrik. Teknik yang digunkan untuk proses koreksi geometric ini yaitu dengan teknik GCP (Ground Check Point). GCP (ground chek point) untuk keperluan koreksi geometrik citra satelit (orthorektifikasi) adalah objek-objek di lapangan yang dapat diidentifikasi dengan jelas, baik dilapangan maupun pada citra dan memiliki koordinat lapangan. Koordinat titik kontrol bumi diperoleh dengan melakukan pengukuran menggunakan GPS geodetik. Semua titik kontrol harus terikat dengan titik kontrol Bakosurtanal dan atau BPN.
Sekedar tambahan informasi, untuk pembelian citra satelit Quickbird dan Worldview minimal harus mencakup area seluas 25 km2. Harga citra bervariasi bergantung pada umur citra satelit. Untuk citra yang berumur di bawah 90 hari setelah pemotretan ditetapkan harga 20 US$ per km2, sedangkan untuk citra satelit yang berumur lebih dari 90 hari setelah pemotretan harganya sekitar 16 US$ per km2.



Cara & Proses Pembelian Citra Satelit Cara & Proses Pembelian Citra Satelit Reviewed by taufiksetyawan46 on February 14, 2016 Rating: 5

2 comments:

Music

4/Music/grid-big
Powered by Blogger.