banner image

Recent in Sports

banner image

Pengembangan Wilayah Strategis dan Cepat Tumbuh Kabupaten Cilacap (Desa Cisuru, Kec Cipari) Survey 2015

Desa Inovasi adalah desa yang mampu memanfaatkan sumberdaya desa dengan cara baru berdasarkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kearifan lokal untuk kesejahteraan masyarakat, kemajuan desa dan peningkatan taraf hidup masyarakat dengan melibatkan segenap unsur desa.


Desa Inovasi sebagai program peningkatan dan pengembangan potensi desa yang berbasis pada kemandirian masyarakat dianggap sangat strategis karena menyiapkan landasan kemandirian masyarakat berupa institusi masyarakat yang representatif, mengakar dan menguat bagi perkembangan modal sosial (social capital) masyarakat di masa mendatang serta menyiapkan pondasi kemitraan masyarakat dengan pemerintah daerah dan kelompok peduli setempat.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengimplementasikan secara nyata program Desa Inovasi ini adalah dengan peningkatan kualitas lingkungan pedesaan. Mengangkat potensi desa, sehingga dapat menjadi unggulan ekonomi desa tersebut. Beberapa pertimbangan desa untuk melakukan inovasi, antara lain :

  1. Sumberdaya alam di desa semakin menurun, jumlah penduduk semakin bertambah, kebutuhan hidup semakin meningkat, sehingga diperlukan optimalisasi pemanfaatan sumberdaya desa untuk memenuhi kebutuhan.
  2. Membanjirnya produk dari luar dengan kualitas bagus, jumlah banyak, persaingan ketat, sehingga produk desa terancam tergusur, maka diperlukan penguatan daya saing.
  3. Penguasaan IPTEK penting untuk menciptakan produk baru berkualitas,dengan cara baru, teknologi baru, sehingga dapat bersaing dengan produk lain, baik di pasar lokal maupun global.

Secara umum, Desa Inovasi di Desa Cisuru bertujuan untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang harmonis dan mempunyai landasan ekonomi yang kuat, yang dapat mengangkat taraf hidup masyarakat Desa Cisuru.
Sedangkan secara khusus, adalah:
a.      Pengembangan pola pertanian di Desa Cisuru
b.      Pengembangan kewirausahaan dan ekonomi kreatif di Desa Cisuru
c.      Pengembangan potensi wisata yang ada di Desa Cisuru
d.      Pengembangan administrasi dan manajerial desa di Desa Cisuru.


Sasaran Pelaksanaan Program adalah sebagai berikut:
a.      Pembangunan serta terencana secara terpadu
b.      masyarakat yang Kreatif dan Inovatif (Community Interpreneurship) dalam Perencanaan, Pembangunan, dan Pengelolaan hasil-hasilnya.

Manfaat pekerjaan ini  adalah :
a.    Membuka akses desa agar lebih maju.
b.    Membuka peluang sebagai pusat wisata.
c.    Meningkatkan pengembangan potensi desa.
d.    Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa
e.    Memenuhi kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Cilacap.





Pengembangan Wilayah Strategis dan Cepat Tumbuh Kabupaten Cilacap (Desa Cisuru, Kec Cipari) Survey 2015 Pengembangan Wilayah Strategis dan Cepat Tumbuh Kabupaten Cilacap (Desa Cisuru, Kec Cipari) Survey 2015 Reviewed by taufiksetyawan46 on February 14, 2016 Rating: 5

1 comment:

  1. Top Betting Sites for Sports Toto 2021 | Sporting 100
    Sports toto. and bet on football and football at the top online sportsbooks. Whether it is football, 토토사이트 basketball, baseball or hockey,

    ReplyDelete

Music

4/Music/grid-big
Powered by Blogger.